Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang sering kali dirasakan oleh banyak masyarakat. Ketombe tidak hanya menjadi masalah kesehatan kulit kepala saja akan tetapi juga sangat mengganggu estetika sebab dapat membuat baju terlihat banyak sekali ketombe yang rontok sehingga membuat banyak orang malu dengan masalah ini.

shampo-anti-ketombe

Oleh karena itu, Anda dapat memilih beberapa jenis sampo di bawah ini sebagai pilihan untung mengatasi ketombe sehingga Anda lebih percaya diri untuk melakukan aktivitas tanpa ada gangguan gatal, sakit, bahkan ketombe yang sering rontok di baju Anda. Berikut penjelasannya secara lengkap :

10 Rekomendasi Merek Shampo Anti Ketombe Terbaik

  1. Sampo Anti Ketombe Yang Memiliki Kandungan Asam Salsilat

Sampo Anti ketombe yang memiliki kandungan asam salsilat dapat memberikan manfaat untuk mengatasi kulit kepala yang bersisik yang membuat kepala terasa sangat gatal dan jika digaruk akan menyebabkan kerontokan sehingga disebut dengan ketombe. Asam Salsilat ini sangat ampuh untuk melepaskan sel-sel kulit mati pada kulit kepala tersebut sehingga kulit kepala menjadi lebih halus dan tidak gatal.

Tumpukan sel kulit mati ini akan dipecah menjadi serpihan kecil-kecil sehingga saat dibilas dengan air akan ikut larut sehingga kulit kepala Anda menjadi lebih halus. Asam salsilat juga berfungsi ganda sebagai pelembab sehingga kulit kepala Anda tidak mengalami kekeringan serta rambut Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

  1. Sampo Anti Ketombe Yang Memiliki Kandungan Ketoconazole

shampo anti ketombe terbaik adalah sampo yang memiliki kandungan ketoconazole yang sangat penting dan hampir selalu ada pada setiap obat anti ketombe yang biasa diresepkan oleh dokter kulit oleh karena itu biasanya hanya ditemukan di apotek atau di klinik kecantikan. Bahan yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasi kulit kepala yang berketombe karena serangan jamur. Bahan ini akan membasmi jamur pada kulit kepala Anda sehingga ketombe tidak akan muncul lagi.

Shampo anti ketombe yang mengandung ketoconazole  ini dapat meringankan rasa gatal yang timbul akibat kulit kepala yang kering dan bersisik serta dapat merontokkan sisik tersebut sehingga lebih halus dan lebih nyaman di kulit kepala.

Lihat juga: https://giovanibarbershop.com/kursus/

  1. Sampo Anti Ketombe Yang Memiliki Kandungan Zinc Pyrithione

Zinc pyrithione merupakan salah satu bahan aktif yang merupakan anti jamur sekaligus antibakteri yang sangat sering Anda temukan di berbagai jenis sampo anti ketombe. Bahan yang satu ini dapat mengatasi jamur di kepala yang menyebabkan jamur tumbuh dan membuat rusaknya jaringan kulit di kepala.

Sampo yang mengandung bahan aktif ini dapat mengatasi kulit yang cenderung berminyak dan disertai dengan iritasi bahkan yang mengalami dermatitis seboroik dan akan memperbaiki secara berkala.  Sampo yang mengandung Zinc ini juga dapat berfungsi sebagai Shampo anti ketombe dan rambut rontok yang disebabkan oleh timbunan sel kulit mati yang dapat menyumbat folikel dan membuat rambut mudah rontok.

  1. Sampo Anti Ketombe Yang Memiliki Kandungan Cool Tar

Sampo anti ketombe yang memiliki kandungan cool tar atau batu bara juga sangat efektif untuk membuat ketombe Anda sirna dari kulit kepala. Sampo dengan bahan yang satu ini sangat efektif untuk mengurangi pertumbuhan sel kulit yang berlebihan sehingga terasa lebih tebal dari pada kulit kepala pada umumnya.

Sampo ini dapat meredakan peradangan atau psoriasis yang biasanya ditandai dengan ruam yang berwarna merah, kulit terasa sangat kering, terasa bersisik, tebal , dan mudah sekali untuk terkelupas sehingga akhirnya akan rontok namun warnanya tidak putih tetapi lebih kekuningan.

  1. Sampo Anti Ketombe Yang Memiliki Kandungan Selenium Sulfida

Berikutnya adalah sampo dengan kandungan selenium sulfida yang dapat menghambat pertumbuhan ragi yang menyebabkan infeksi pada kulit kepala. Sampo jenis ini dapat menghilangkan ketombe Anda yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang menginfeksi kulit kepala Anda.

Anda dapat menggunakan sampo jenis ini untuk meredakan keluhan gatal-gatal yang cukup parah bahkan sampai mengganggu kegiatan Anda sehingga menimbulkan iritasi dan akhirnya menimbulkan ruam kemerahan. Sampo jenis ini sangat efektif untuk mengatasi infeksi sehingga dalam pemakaian yang rutin maka Anda akan segera mendapatkan manfaatnya.

  1. Sampo Anti Ketombe Yang Memiliki Kandungan Tea Tree Oil

Sampo dengan kandungan Tea tree oil ini juga bisa disebut dengan shampo anti ketombe untuk fungal acne karena tea tree oil atau minyak batang teh ini telah dipercaya untuk mencegah dan meringankan keluhan jerawat pada wajah dan mengurangi ketombe pada kulit kepala sehingga keluhan gatal, iritasi, dan kering akan sangat mudah dan cepat teratasi.

Tea tree oil ini sangat baik untuk mengatasi jamur malassezia yang tumbuh berlebihan dan menyebabkan pertumbuhan ketombe menjadi lebih banyak. Dengan menggunakan sampo ini maka keluhan ketombe dapat berkurang dan pengelupasan kulit kepala juga dapat ditekan lebih baik.

  1. Sampo Anti Ketombe Yang Memiliki Kandungan Asam Amino

Sebaiknya Anda juga memilih sampo yang memiliki kandungan asa amino karena dapat bermanfaat sebagai pembersih dan stimulus yang kuat tetapi sangat aman digunakan pada kulit kepala Anda. Sampo dengan kandungan asam amino ini tidak akan mempengaruhi regenerasi kulit sehingga kulit kepala Anda akan berangsur-angur membaik. Asam amino ini juga terdapat dalam berbagai bentuk seperti cysteine, glutamine, proline, dan lain sebagainya.

Lihat juga: https://www.masterseo.id/barbershop-medan.html

  1. Sampo Anti Ketombe Yang Tidak Mengandung Bahan Pembersih yang Terlalu Kuat

Sampo dengan bahan pembersih yang terlalu kuat sangat tidak baik bagi kulit kepala sehingga sangat tidak direkomendasikan. Apakah maksud bahan pembersih kuat tersebut? misalnya adalah petroleum dan alkohol. Kedua bahan ini memang sangat efektif dan sangat ampuh untuk membersihkan kulit kepala, akan tetapi karena terlalu kuat akhirnya menimbulkan iritasi bahkan membuat kulit kepala Anda menjadi sangat kering.

Selain alkohol dan juga petroleum ada juga beberapa bahan detergen atau surfaktan yang perlu Anda batasi seperti sodium laureth sulfate, sodium coco sulfate, dan masih banyak lagi yang lainnya. Memang akhirnya bersih akan tetapi akan menimbulkan masalah yang baru.

  1. Sampo Anti Ketombe Yang tidak Mengandung Silikon

Jangan pilih sampo anti ketombe yang masih memiliki kandungan silikon di dalamnya, sebab bahan aktif yang satu ini dapat menyebabkan ketombe yang menempel dan sangat sulit dihilangkan sehingga lebih baik hindari sampo tersebut. Lebih baik Anda membeli yang lain jika masih melihat sampo jenis anti ketombe ternyata masih memiliki kandungan silikon.

  1. Sampo Anti Ketombe Organik

Sampo anti ketombe organik juga bisa menjadi pilihan, pasalnya menggunakan bahan yang alami yang masih juga telah terbukti memiliki khasiat yang luar biasa terhadap ketombe. Kebanyakan sampo organik lebih ramah terhadap kulit kepala dan sangat sedikit yang menimbulkan efek samping. Anda bisa memilih sampo aloe vera, coconat oil, dan lain sebagainya.